Detil Alat/Aset

Peralatan Praktik

WTPASS 02

Waterpass

Lab Survey

2012

Baik

Tersedia

Tidak Tersedia

Waterpass merupakan alat survey yang lebih simpel dibandingkan dengan theodolite. Selain instrument ini lebih kecil dan ringan, bagian-bagian di dalamnya pun lebih sedikit sehingga fungsi dan kegunaan di lapangan juga terbatas. Fungsi waterpass di lapangan di antaranya digunakan untuk mengukur elevasi atau ketinggian tanah. Biasa digunakan pada proyek perataan tanah, pembuatan lapangan bola, cross dan long section pada jalan atau sungai, untuk marking elevasi pada bowplank atau patok, penentuan elevasi bantu pada kolom bangunan dan sebagainya.

Kekurangan dari waterpass ini yaitu tidak bisa untuk mengukur dengan sudut horizontal maupun vertikal. Sehingga alat ini tidak bisa digunakan untuk menentukan koordinat suatu titik, hanya elevasi yang mampu dibaca. Sedangkan kelebihan alat ini lebih simpel, kecil, ringan, dan cepat untuk setting alatnya karena pada instrument ini tidak terdapat nivo tabung, hanya ada nivo kotak saja.

bagian-bagian waterpassBagian dari alat ini adalah:

  1. Sekrup A, B, C adalah sekrup yang digunakan untuk menyetting nivo kotak agar gelembung tepat ditengah lingkaran.
  2. Cermin, yaitu komponen dari waterpass yang berfungsi untuk melihat kedudukan gelembung udara pada nivo pada saat bersamaan membidik rambu.
  3. Sekrup penggerak halus horizontal, yaitu sekrup yang digunakan untuk memutar alat ke arah horizontal secara halus.
  4. Sekrup pengatur fokus, adalah sekrup yang digunakan untuk mengatur fokus objek sehingga terlihat dengan jelas. Kurang lebih sama dengan fokus pada kamera DSLR.
  5. Optical alignment Index, yaitu digunakan untuk acuan pengukuran tinggi alat ke tanah.
  6. Lensa objektif, yaitu lensa yang digunakan untuk menangkap objek.
  7. Lensa okuler, yaitu lensa yang digunakan untuk melihat objek yang terletak didepan mata pembidik.


Detil Alat/Aset