Teknik Sipil Tembus Rekor Meraih Alokasi Penelitian Terbanyak Di Kampus Biru

Parameter iklim budaya akademis dari sebuah perguruan tinggi dapat dilihat dari banyaknya jumlah penelitian yang dilakukan per tahunnya. Poltekba sebagai Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB) masih berproses guna meningkatkan budaya penelitian. Bak gayung bersambut, dengan bertambahnya jumlah dosen di lingkungan “kampus biru”, Poltekba secara bersinergi berupaya untuk menambah anggaran penelitian untuk para dosen. Animo penelitian yang berkembang dan ketersediaan anggaran yang diberikan menjadikan hubungan mutualisme antar keduanya. Grafik positif juga tergambar di Jurusan Teknik Sipil karena jumlah penelitian meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya, tahun 2019 terdapat 5 judul proposal. Di tahun 2020 terdapat 10 judul penelitian yang lolos pendanaan alokasi Dana DIPA Poltekba 2020, diantaranya:

NoJudulPengusul
1Pengembangan Asset Inventory System Berbasis Ubiquitous Computing di Jurusan Teknik Sipil PoltekbaTotok Sulistyo, S.T., M.T. Karmila Achmad, S.T., M.T.
2Reverse Osmosis PortableCandra Irawan, S.T., M.Si Drs. Sunarno, M.Eng.
3Evaluasi Pemanfaatan Waduk Telaga Sari sebagai Pengendali Banjir Kota BalikpapanEzra Hartarto P, S.T., M.Eng Dr. Hadi Hermansyah, S.Si.,M.Si.
4Evaluasi Kinerja Simpang Empat Bersinyal dengan Metode Mkji dan Program Sidra Intersection (Studi Kasus pada Simpang Empat Jalan Mt. Haryono (Jalan Ruhui Rahayu)Fatmawati, S.T., M.T. Moh. Isram M. Ain, S.T., M.Sc.
5Analisis Laju Infiltrasi pada Tanah dengan Variasi Penggunaan Lahan di Kota BalikpapanMariatul Kiptiah, S.T., M.Eng Dr. Emil Azmanajaya, S.T., M.T.
6Pemanfaatan Admixture Berupa Sikamen NN dan Serat Polipropilen untuk Meningkatkan Kuat Tekan dan Kuat Lentur Beton BerporiRahmat Bangun G., S.T., M.Eng. Wahyu Yusuf Rio, S.T., M.T.
7Analisa Penurunan Tanah pada Galian dalam Tanah Menggunakan Parameter Kuat Geser Efektif Melalui Analisis Elemen Hingga 3d di Jakarta PusatTatag Yufitra Rus, S.T., M.Sc. Ir. Ali Arifin Soeparlan, M.T.
8Manajemen Risiko Konsultan Perencana Kontruksi di Kota BalikpapanFerdy Kahandanie, S.T., M.T. Mahfud, S.Pd., M.T.
9Penerapan Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Politeknik Negeri Balikpapan dengan Communicative ApproachLilik Damayanti, S.S., M.Hum. Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd.
10Analisis Penulisan Surat Lamaran Kerja Mahasiswa Politeknik Negeri BalikpapanMasrul Huda, M. A. Gozali, S.Pd., M.Pd

Jurusan mengucapkan selamat kepada semua dosen yang telah lolos pendanaan DIPA 2020. Semoga di tahun selanjutnya akan semakin bertambah jumlah proposal yang diajukan dan didanai baik oleh pihak internal maupun eksternal kampus. Good Job Team! Salam Beton …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *